Tips Perjalanan Jauh Lebih Menyenangkan

tips perjalanan jauh
Tips Perjalanan Jauh

Tips perjalanan jauh supaya lebih aman kali ini buat kamu yang sedang ingin melakukan traveling. Usahakan sebelum melakukan perjalanan kamu harus siapin untuk membantu kamu meminimalisir masalah di jalan. Supaya perjalanan traveling kamu menyenangkan dan aman. Sebaiknya kamu harus perhatikan beberapa hal penting dalam tips untuk perjalanan versi Jaya Abadi Trans. Dan berikut adalah tips untuk perjalanan jauh menyenangkan terbaik menurut Jaya Abadi Trans spesial buat kamu.

1. Menjaga Kondisi Tubuh Sebelum Jalan

Tips perjalanan jauh pertama, Kamu harus memastikan bahwa kondisi tubuh kamu harus vit. Baiknya kamu minimal merasakan tidak ada kendala pada tubuh kamu. Jika di rasa kondisi fisik kamu tidak vit maka baiknya kamu istirahat dan pergi ke dokter untuk berobat. Selanjutnya, kamu bisa tunda dulu perjalanan demi keamanan diri sendiri dan pengguna jalan lain. Jika kamu dalam kondisi vit maka ada beberapa yang harus kamu persiapin yaitu P3K dan Obat – obatan yang lain yang mendukung perjalanan. Tidak hanya itu, jika kamu memiliki riwayat penyakit khusus harusnya kamu juga sediakan obat khusus dari awal perjalanan. Beberapa tips barang apa saja yang harus kamu bawa saat kamu perjalanan.

Perlengkapan Perjalanan

  • P3K
  • Obat – Obatan
  • Minyak Urut
  • Fix Untuk pernapasan
  • Penghangat / Selimut dan semacamnya
  • Oksigen Semprot (Jika ada)
  • Makanan Ringan
  • Uang (Pasti)
  • Peralatan Mandi

Beberapa perlengkapan di atas kamu setidaknya membawa 85%nya untuk berjaga-jaga jika kondisi tubuh drop dan juga kamu setidaknya sudah mempersiapkan kontak Rumah Sakit yang ada di sekitar area tujuan. Guna berjaga – jaga jika memang diperlukan untuk penjemputan ambulan.

2. Menjaga Kondisi Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan

Yang kedua, tips perjalanan jauh kali ini kamu harus memastikan bahwa kondisi kendaraan kamu dalam kondisi baik. Tentunya kamu harus melakukan pengecekan kendaraan sebelum berangkat. Demi keamanan dan keselamatan berkendara pastikan kendaraan dalam kondisi prima dengan merawat kendaraan secara rutin. Beberapa pengecekan yang harus kamu lakukan pada kendaraan kamu sebelum melakukan perjalanan. Yaitu :

  1. Cek angin ban
  2. Pastikan ban tidak dalam kondisi tipis
  3. Cek air radiator
  4. Freon AC
  5. Pastikan kendaraan service rutin
  6. Lampu Depan & Belakang
  7. Indikator
  8. Cek Bahan Bakar

Semua elemen di atas minimal anda mengetahui dan segera memberikan solusinya. Demi keselamatan kamu dan pengguna jalan lain. Selain pengecekan setidaknya kamu juga persiapkan beberapa peralatan yang harus di bawa sebelum kamu melakukan perjalanan. Apa saja yang harus di bawa ? Nah ! Berikut adalah peralatan yang harus kamu bawa supaya perjalanan kamu aman dan menyenangkan.

  1. Dongkrak
  2. P3K
  3. Peralatan perkakas (Obeng, Kunci dll)
  4. Pompa Angin
  5. Apar
  6. Oli Cadangan
  7. Bahan Bakar Cadangan
  8. Cooler Cadangan
  9. Surat – Surat Kendaraan

Nah ! Itu Travelers, jadi kamu harus siapin semua tuh bener – bener kamu perhatiin supaya perjalanan jauhmu tidak sampai mengalami masalah serius. Oh iya ! Jangan lupa, Gunakan sabuk pengaman yang jika kamu menggunakan mobil. Untuk pemotor gunakan helm, jaket, sepatu, dan usahakan celana jeans panjang untuk menjaga kulit jika terjadi hal yang tidak di inginkan.

3. Perkirakan Jarak Tempuh Dan Medan Jalan

Tips perjalanan jauh berikutnya yaitu memperkirakan jarak tempuh dan medan jalan sebelum melakukan perjalanan. Pastikan juga jarak tempuh dan perkirakan jam keberangkatan dan kedatangan kita ke lokasi tujuan. Selain itu sebaiknya kita perkirakan jalur mana yang akan kita lewati selama perjalanan dengan cara mebaca map secara konvensional atau bisa juga kita menggunakan Google Map, Waze dan sebagainya. Supaya lebih detail medan jalan kamu bisa gunakan teknologi untuk membuat perjalanan kamu aman dan terhindar dari kemacetan. Tidak usah tergesa – gesa yang penting keselamatan nomor 1 demi kepentingan bersama. Jadi perhatikan juga kecepatan ya travelers.

4. Istirahat Di Pada Setiap Titik Perjalanan

Tips perjalanan jauh terakhir, jangan pernah kamu tergesa – gesa atau memaksakan kondisi fisik dan kendaraan. Usahakan luangkan waktu untuk istirahat sejenak. Guna mereset semua kejenuhan dan capekj pada tubuh dalam perjalanan. Selain itu kamu juga bisa melakukan pengecekan ulang kendaraan kamu untuk memastikan kendaraan dalam kondisi aman. Saat perjalanan kita lebih dari 6 jam ada baiknya kita beri jeda istirahat antara /2jam-an. Kita bisa mampir sejenak ke warung, minimarket ataupun ke rest area yang sudah tersedia untuk sekedar mengisi perut dan buang air. Istirahat ini bertujuan agar fokus kita dalam berkendara tetap terjaga dan kesegaran tubuh terjaga dengan peregangan. Selain itu rehat sejenak ini juga berfungsi untuk mengistirahatkan mesin kendaraan kita.

tips perjalanan menyenangkan
Salam Traveling

Giman travelers ? mungkin artikel ini kurang dari kata sempurna, tapi setidaknya saya bisa membagi informasi untuk kamu para travelers yang sedang melakukan perjalanan jauh. Beberapa tips dan trik agar perjalanan jauh kita menjadi lebih baik dan menyenangkan tentu juga utamakan keamanan dan keselamatan. ada pun beberapa tips berikutnya adalah opsional yakni sebaiknya tidak berkendara di malam hari dan patuhilah rambu-rambu lalu lintas dan perhatikan kecepatan agar selamat sampai tujuan. Ingat bahwa ada keluarga yang menunggu Anda dirumah. Selamat berwisata jangan lupa mampir dan menikmati wisata kuliner enak saat berwisata.

Tinggalkan komentar

Whatsapp
1
Mau kemana ?
Hallo ? Anda mau kemana ? Kami siap antar ?